Thursday, November 1, 2007

hubungan cahaya matahari dan warna yang kita lihat

Sinar matahari itu tidak berwarna. Namun saat tidak ada sinar matahari, benda yang kita lihat cuma terlihat hitam di mata kita. Nah disini pasti jadi pertanyaan di benak kita bagaimana proses warna itu bisa terlihat oleh kita. Mari kita bahas satu persatu.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cahaya itu adalah gelombang elektromagnetik dan warnanya ditentukan oleh panjang gelombang itu sendiri. Sinar matahari tidak berwarna, apakah dia bukan gelombang elektromagnetik?? Jadi sebenarnya sinar matahari adalah kumpulan dari beberapa macam gelombang dengan warna yang berbeda. Semakin banyak macam dari gelombang ini, semakin tidak terlihat warnanya. Sifat ini saat berbeda saat kita mencampurkan tinta dari tinta dengan warna yang berbeda. Semakin banyak campurannya, semakin hitam warnanya. Nah dari sini kita bisa sedikit berpikir apa hubungannya sinar matahari dengan warna yang kita lihat.

Berbeda dengan Laser Pointer yang biasa dipakai dosen untuk mengajar, atau lampu Led yang cuma menghasilkan warna dengan satu jenis warna. Laser untuk mengajar yang berwarna merah itu menghasilkan sinar dengan panjang gelombang 650 nm. Sehingga terlihat berwarna merah. Ada pula Laser Pointer yang berwarna hijau karena mengasilkan cahaya dengan panjang gelombang 532 nm. Nah selanjutnya mari kita pelajari bagaimna kita bisa melihat warna itu.

Kita bisa melihat karena ada cahaya dari sumber cahaya, kemudian cahaya itu dipantulkan oleh benda yang akhirnya cahaya itu ditangkap oleh bagian retina pada mata kita. Retina ini sebagai sensor yang kemudian diolah oleh otak kita. Akhirnya kita bisa melihat.

Sebenarnya kita melihat suatu benda A berwarna hijau itu karena sinar matahari itu sebagian deserap oleh benda A dan sisanya dipantulkan yang akhirnya ditangkap oleh mata kita. Benda A ini terlihat hijau karena cuma sinar warna hijau saja yang tidak diserap benda A ini . Akhirnya benda ini kita tangkap sebagai warna hijau. Jadi kita melihat benda A itu hijau karena warna selain hijau itu diserap oleh benda A.

Jadi benda dikatakan berwarna hitam, karena seluruh sinar itu diserap oleh benda dan tidak dipantulkan ke mata kita. Kebalikannya benda berwarna putih karena seluruh sinar dari sinar matahari itu dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita.
Nah menarik bukan!!!!!!

1 comment:

Anonymous said...

makasih buat postingannya :D berkat ini gue tertolong haha. ada tugas soalnya